Cara Hindari Asam Urat

Cara Hindari Asam Urat



Agar kita dan keluarga terhindar dari asam urat, ada baiknya mulai kurangi atau hindari makanan-makanan sebagai berikut :
- Jeroan seperti usus, limpa, paru, hati, jantung, dan otak.

- Melinjo dan olahannya seperti emping

- Kacang-kacangan yang dikeringkan beserta olahannya seperti kedelai, - kacang tanah, kacang hijau, toge, oncom, tempe, tahu.

- Makanan yang diawetkan seperti sarden, kornet.

- Kerang, kepiting, cumi-cumi, udang, ekstrak daging/kaldu

- Minuman beralkohol seperti bir, tape, ragi, tuak, dan minuman hasil fermetasi lainnya.

- Buah seperti : nanas dan durian

Memperbanyak minum air putih juga sangat baik karena air membantu mengeluarkan asam urat melalui urin.

Untuk memastikan diri kita atau seseorang terkena gout dapat dilakukan pemeriksaan sebagai berikut :

- Pemeriksaan kadar asam urat di dalam darah

- Apabila kadar asam urat dalam darah pada laki-laki lebih dari 7 mg/dl dan pada wanita lebih dari 6 mg/dl, maka dikatakan menderita asam urat tinggi yang memicu terjadinya gout.

- Pemeriksaan kadar asam urat dalam urin per 24 jam

- Kadar asam urat dalam urin berlebihan bila kadarnya lebih dari 800 mg/24 jam pada diet biasa atau lebih dari 600 mg/ 24 jam pada diet bebas purin.

- Pemeriksaan cairan sendi, merupakan pemeriksaan untuk melihat defosit kristal asam urat pada sendi yang mengalami peradangan.

Ayo wujudkan pola hidup sehat alami ! hindari penyakit sejak dini.

1 Komentar:



Anonymous said...

Pemeriksaan kadar asam urat darah dapat dilakukan di rumah. Alatnya kira-kira sebesar HP kecil, tersedia di Sumber Alkes. Harga terbarunya dapat dilihat di katalog. Katalog ini dapat pula di akses dari HP anda, url untuk HP adalah wap.sumber-alkes.com
Pengukuran yang teratur sangat berguna karena bila ternyata dalam satu periode kadarnya sedang rendah (karena diet dsb), maka mengkonsumsi sedikit makanan favoritnya (yang terlarang itu) sebenarnya boleh2 saja. Tetapi pada saat kadarnya sedang diatas nilai normal, maka mencicipi pun jangan coba2.
Kadar asam urat darah yang selalu tinggi selain menimbulkan pegal2 dan nyeri+kaku sendi2, juga dapat menimbulkan penyakit serius lainnya spt jantung, tekanan darah tinggi dll. Jangan sampai menyesal di kemudian hari.

Salam buat mbak Syamsi,
Blog anda bagus sekali.