ASAM JAWA
Nama lain dari asam jawa ini adalah
- Tamarindus indica
- Tangkal asem (Sunda)
- Celagi
- Acem.
Nama ilmiah tanaman ini adalah Tamarindus Indica L. Tanaman ini berbuah sepanjang tahun, diperbanyak dengan biji atau secara vegetatif. Buahnya dapat dibuat sirop, kembang gula, bumbu masak, manisan atau ramuan obat tradisional.
Daun muda asam yang disebut sinom pada saat ini banyak dipergunakan sebagai minuman segar yang dijual dalam kemasan menarik.
Asam kawak adalah asam yang dibuat dari buah yang sudah masak, kulitnya dibuang hingga tinggal daging buahnya yang berwarna coklat kekuning-kuningan, lalu dibuat bulatan-bulatan sebesar telur ayam, dijemur sehingga berwarna coklat kehitaman inilah yang banyak diperdagangkan sebagai bumbu masak atau bahan jamu.
A. Pengenalan Tumbuhan
Bentuk fisik dari asam jawa ini berupa pohon, lebih besar, dengan daunnya yang rindang, bersirip genap, dan bunganya berwarna kuning. Buahnya polong, bijinya agak gepeng dan berwarna hitam.
Daerah tempat tumbuh tanaman ini di daerah pantai. Dan tumbuhan ini banyak ditanam di tepi-tepi jalan raya sebagai pohon perindang. Tumbuhan ini termasuk familia atau suku Leguminosae.
A1. Kandungan kimia yang ada
- Kulit biji tumbuhan ini mengandung phlobatannin sekitar 35%, sedangkan biji mengandung pati dan albuminoid.
2
- Buahnya mengandung senyawa kimia antara lain : asam anggur, asam appel, asam sitrat, asam suksinat, asam tartrat dan pectin. Juga didapati adanya gula invert.
B. Penggunaan
Sukar Tidur
Ambil daun asam secukupnya, keringkan lalu dipakai pengisi bantal kepala. Tidulah dengan bantal ajaib ini, memang aneh, tapi buktikan saja maka anda bisa terlelap.
Mencegah Rambut Rontok
Buah asam yang sudah tua dicampur sedikit air, dipakai untuk mengurut kulit kepala lalu rambut dicuci bersih dengan shampo.
Gatal-Gatal atau Biduran
Asam kawak sebesar telur ayam, umbi temulawak, gula aren dan 2 gelas air, direbus sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring lalu diminum.
Rematik/Bengkak karena terpukul
Ambil sinom atau daun muda asam secukupnya dan rimpang kunyit ditumbuk halus lalu diseduh dengan sedikit ari panas lalu dipakai menurap bagian yang sakit. Atau bisa memakai buah asam tanpa biji dilumatkan seperti bubur, panaskan sebentar lalu dipakai menurap bagian yang sendi yang sakit.
Penggunaan lain :
1. Daun muda yang digiling bersama kunyit, dapat dipergunakan sebagai obat kompres penyakit
-

0 Komentar: